Pisang Cavendish, Harapan Baru Kembangkan Potensi Pertanian Ponorogo

Pisang Cavendish menjadi harapan baru bagi petani di Kabupaten Ponorogo untuk meningkatkan kesejahteraan. Apalagi setelah disepakatinya kerjasama dengan PT. Great Giant Pineapple (GGP) terkait pendampingan dan pemasaran komoditas Pisang Cavendish, Sabtu (03/04/2021).

“Mudah-mudahan ke depan bisa meluber dengan baik dan menjadi ekonomi yang luar biasa,” tutur Kang Giri, panggilan akrab Bupati Ponorogo ketika ditemui pada Penanaman Perdana Pisang Cavendish, di Desa Pulung, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Kang Giri optimis, proyek pertanian Holtikultura ini memberikan hasil positif bagi pengembangan pertanian di Kabupaten Ponorogo. Karena potensi pasar ekspor Pisang Cavendish sangat tinggi. Sedangkan PT. GGP sendiri merupakan eksportir buah besar dengan pengalaman bertahun-tahun di bidang ini.

“Soal pasar sudah dijamin oleh GGP, 100 persen Pisang Cavendish akan diambil GGP. Ada keberlangsungan tidak sekedar panen, dan dimainkan oleh tengkulak,” imbuhnya.

Dengan potensi seperti ini, tentu beliau berharap kerjasama ini akan berlanjut. Mengingat masih banyak potensi lahan di Ponorogo yang bisa dijadikan tempat budidaya Pisang Cavendish.

“Ada 90 desa yang layak untuk pisang Cavendish, di 10 kecamatan. Model gotong royong seperti ini, akan kami kembangkan kapanpun,” imbuhnya.

Bagikan