Seniman Ponorogo Gelar Pertunjukan Di TMII Jakarta

Mengambil tema “Eksotika Budaya Ponorogo”, Seniman Ponorogo menggelar pertunjukan Seni dan Budaya Ponorogo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Jawa Timur, Minggu (28/11/2021).

Pada pagelaran ini Seniman Ponorogo berhasil memukau penonton dengan menampilkan pertunjukan seni tari, lagu daerah, Kesenian Kebo Bule, Reyog Ponorogo, dan Dramatari Cerita “Surya Sumirat Bumi Ponorogo”.

Selain media promosi seni dan budaya, pagelaran di TMII Anjungan Jawa Timur ini, menjadi media promosi produk UMKM dari Kota Reyog.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang menghadiri pagelaran bersama Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan sejumlah Kepala OPD menuturkan, Ponorogo seakan “cuilan surga” baik dari seni – budayanya, keindahan alamnya, kesuburan tanahnya, sampai peradabannya.

Melalui kesadaran tentang potensi besar inilah, ia menegaskan akan membangun Ponorogo dengan 3 pilar utama, budaya, alam, dan santri.

Kang Giri mencontohkan pilar budaya seperti yang ditampilkan di TMII tersebut bisa menjadi daya tarik wisata yang luar biasa. Untuk memaksimalkan potensi budaya ini, ia menjelaskan dibutuhkan instrumen pemikat. Salah satunya melalui rencana pembangunan “Monumen Reyog dan Museum Peradaban” di Gunung Samping Sampung yang dimulai pada tahun 2022.

Melalui 3 pilar tersebut, ia yakin Ponorogo bisa segera bangkit. Dengan potensi yang luar biasa ini, ia menggambarkan ketika tidak segera bangkit, seperti tikus mati dalam lumbung.

Karena itu, Kang Giri mengajak semua pihak bergotong – royong, memberikan sumbangan dalam bentuk apapun untuk kecemerlangan Ponorogo ke depan.

Bagikan