2000 Pecinta Minitrek Ramaikan Jambore Nasional di Ponorogo

2000 Pecinta Minitrek Ramaikan Jambore Nasional di Ponorogo

Jambore Nasional Minitrek Minion se-Indonesia sukses digelar di Ponorogo. Berlangsung 6-7 Agustus 2022 kegiatan ini melibatkan 2000 pecinta Minitrek Minion Se-Indonesia dalam rangka turut memeriahkan Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo.

Rangkaian jambore Minitrek dimulai dengan kegiatan Blind Riding di halaman Pendopo Agung Ponorogo dan menyaksikan video dokumenter kegiatan komunitas Minitrek, (6/8). Kemudian gowes bareng mengelilingi kota Ponorogo yang diberangkatkan langsung oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko dari Paseban Jalan Utara Aloon-aloon Ponorogo, (7/8). Acara dilanjutkan dengan pertunjukan Reog, pemberian santunan kepada anak yatim piatu, atraksi hiburan, pembagian doorprize dan hiburan lainnya.

Edo Heban selaku Tim Designer Jambore Minitrek mengungkapkan, meskipun baru pertama kali digelar di Ponorogo, ia mengaku sangat puas dengan penyelenggaraan Jambore ini. Sambutan masyarakat Ponorogo dan pecinta Minitrek dari berbagai daerah dinilainya luar biasa.

“Istimewa antusiasme masyarakat Ponorogo menyambut sangat bagus. Hadirnya teman-teman dari berbagai daerah sangat luar biasa,” ungkap Edo.

Dengan kesuksesan jambore ini, ia berharap sepeda Minitrek yang pernah populer di era 80 an ini kembali menjamur di Indonesia. Mengingat, diungkapnya, Minitrek salah satu hobi menarik.

Sepeda Minitrek ini tidak dijual di toko sepeda pada umumnya, namun dirakit oleh orang-orang yang memiliki skill khusus di bidang sepeda mini. Terbuat dari rongsokan yang dirakit ulang menjadi sepeda minion dengan bentuk yang klasik dan unik.

“Ini tidak ada di toko sepeda, karena ini dirakit dari temen temen yang punya skill untuk sepeda mini,” ujar Edo.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri mengungkapkan dengan adanya berbagai komunitas dan hobi yang hadir memeriahkan grebeg suro ini, dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan ekonomi di Ponorogo.

“Kami menyentuh semua irisan, hobi, budaya, ekonomi dalam rangka percepatan ekonomi. Ada 60 kegiatan yang melibatkan hobi, apa saja sudah kami libatkan. Sekarang minion dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Sepeda minion ini turunan ekonominya luar biasa. Ada bengkel, aksesoris, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Bagikan