Plh Bupati Ponorogo Sampaikan Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro

Plh Bupati Ponorogo, Dr. Agus Pramono, M.M., menghadiri secara virtual Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro wilayah Jawa Timur, Kamis (18/02/2021). Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan, penyaluran Dana Desa untuk penanganan COVID-19 berjalan dengan baik.

“Bisa kita sampaikan, penyaluran Dana Desa tidak ada masalah. Ponorogo termasuk 7 kabupaten/kota penyaluran Dana Desa ini, menjadi yang tercepat di Jawa Timur. Insya Allah dalam beberapa hari akan kita selesaikan untuk tahap pertama,” jelasnya.

Plh Bupati Ponorogo juga melaporkan, saat ini kondisi penyebaran COVID-19 di wilayah Ponorogo sudah mulai membaik. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya wilayah yang masuk kategori zona hijau dan kuning.

“Di Ponorogo zona hijau sebanyak 6.756 RT, untuk zona kuning sebanyak 206 RT, untuk zona orange dan merah saat ini kosong,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam upaya penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan.

“Hari ini juga kita akan lakukan cek bersama Forum Pimpinan Daerah, yang melibatkan jajaran masing-masing. Setiap hari operasi rutin kita lakukan 2 kali. Kita harapkan hasilnya mampu menekan perkembangan COVID-19 yang ada di Ponorogo,” terangnya.

Terkait dengan Posko COVID-19 di setiap desa, Plh Bupati Agus menyampaikan, seluruh desa di Ponorogo sudah membentuknya. Ia menyampaikan Forpimda Ponorogo akan terus melakukan pengecekan untuk memastikan Kegiatan di Posko COVID-19 Desa dapat berjalan secara efektif dalam upaya menekan penyebaran COVID-19.

“Pembentukan Posko dari 281 desa, kita sudah bentuk semua. Hari ini bersama Pak Dandim, Pak kapolres, kita sudah cek di lapangan. Dan sudah kita lombakan bagaimana pelaksanaan Peraturan PPKM Mikro ini di RT yang ada di Ponorogo. Alhamdulillah sudah berjalan dengan lancar,”tuturnya.

“Di Ponorogo tinggal memberikan kesadaran kepada masyarakat bagaimana PPKM mikro ini dapat terlaksana dengan baik. Artinya konsentrasi kita melakukan pengawasan, di masing-masing RT sesuai dengan zona yang telah ditentukan,”tutupnya.

Bagikan