Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Ponorogo Hadiri HUT ke-41 dan Rakornas Dekranas Secara Virtual

Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Ponorogo Hadiri HUT ke-41 dan Rakornas Dekranas Secara Virtual

Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Ponorogo, Ibu Susilowati SE, menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-41 dan Rapat Kerja Nasonal secara virtual, Rabu (03/03/2021).

Dengan mengusung tema “Rajin Sehat, Rajin Hebat, Indonesia Maju”, diharapkan Dekranas mampu menjadi wadah pembinaan dan penerapan protokol kesehatan terhadap UMKM. Sehingga UMKM memiliki kekuatan untuk bangkit dari Pandemi COVID-19 untuk meningkatkan kesejahteraan pengrajin.

Ketua Umum Dekranas, Ibu Wury Ma'ruf Amin
Ketua Umum Dekranas, Ibu Wury Ma’ruf Amin

Ketua Umum Dekranas, Ibu Wury Ma’ruf Amin, menyampaikan, banyak upaya Dekranas untuk mewujudkan visi meningkatkan perekonomian Indonesia sejak berdiri, 3 Maret 1980.

Berbagai program juga telah dilakukan secara khusus oleh Pengurus Dekranas periode 2019-2024. Di antaranya pembinaan pengrajin pada 5 destinasi wisata super, memfasilitasi akses pendanaan dan pemasaran, memfasilitasi bantuan terhadap pengrajin yang terdampak bencana, melakukan program penguatan kembali rasa tanggap terhadap kerajinan berbasis budaya bangsa, dan memfasilitasi para pengrajin untuk mengikuti pameran daring.

Pembina Dekranas, Ibu Iriana Joko Widodo

Pembina Dekranas, Ibu Iriana Joko Widodo, menyampaikan, kondisi Pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pengrajin. Menurutnya, inovasi harus selalu dilakukan, terutama terkait pemasaran produk. “Kita jadikan pandemi covid-19 menjadi momentum bagi para pengrajin dan UKM untuk melakukan transformasi digital. Sehingga pengrajin kita dapat memasarkan produk dengan lebih maksimal.” tuturnya.

Bagikan