Festival Teater, Meriahkan Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Ponorogo

Festival Teater, Meriahkan Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Ponorogo

Masyarakat Ponorogo kembali disuguhi pagelaran kesenian yang tidak hanya menghibur namun penuh makna dalam rangka memeriahkan Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo. Kali ini Festival Teater Ponorogo 2022 yang digelar di Gedung Kesenian Ponorogo, 8 – 9 Agustus 2022.

Selama 2 hari pertunjukan, 12 grup teater mampu tampil memukau di hadapan juri maupun penonton. Tak Ketinggalan, Kang Bupati Sugiri turut hadir di tengah-tengah acara menikmati penampilan peserta, Selasa (9/8/22).

Mengangkat tema “Fragmen Ponorogo” aktor-aktor muda Ponorogo secara bergantian menyuguhkan pertunjukan tentang cerita, budaya, dan tradisi yang berkembang di Kota Reog. Di depan panggung, para juri menilai dengan objektif berdasarkan aspek pemeranan, penyutradaraan, dan penataan yang disajikan oleh peserta.

Dari hasil penilaian para juri ini, SMP Negeri 1 Jetis yang menyajikan cerita Golan – Mirah berhasil menyabet juara 1. Disusul grup teater Pondok Pesantren Al-Islam Joresan sebagai juara 2, dan SMP Negeri 4 Ponorogo sebagai juara 3 . Adapun penulis naskah terbaik diberikan kepada tim SMPN 1 Ponorogo.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kang Bupati Sugiri mengaku kagum dengan penampilan yang ditunjukkan oleh seniman muda Ponorogo. Ke depan ia ingin terus mendorong pertunjukan seni di Kabupaten Ponorogo semakin bergairah, teater salah satunya.

“Mudah mudahan kesenian teater Ponorogo semakin maju. Saya ingin menggali lebih dalam, agar Ponorogo hidup betul dari berkesenian. Ini keren, kota budaya harus dihidupkan, berkesenian yang benar. Dan hari ini telah ditunjukkan sesuatu yang benar oleh adek adek sekalian,” ungkap Kang Bupati Sugiri.

Bagikan