Pertama Kali di Ponorogo, Kontes Kambing PE tingkat Nasional

Pertama Kali di Ponorogo, Kontes Kambing PE tingkat Nasional

Peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) dari berbagai daerah di Pulau Jawa memamerkan PE terbaiknya pada Kontes Kambing PE dalam rangka Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo ke-526, Minggu (7/8/2022). Ada peserta dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Trenggalek, Tulungagung, Jepara, Purworejo, Purwodadi, dan daerah lainnya di Pulau Jawa hadir memperebutkan Piala Bupati Ponorogo 2022.


Total ada 250 Kambing PE ikut kontes, terbagi dalam 5 kelas jantan – betina yang dinilai 13 juri kelas nasional. Penilaian mengacu pada pedoman Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) dengan 12 kriteria yang menyangkut kesehatan dan keserasian pada seluruh bagian tubuh Kambing PE.

Ketua penyelenggara Mujiono sekaligus ketua Ponorogo PE Community mengaku senang dengan digelarnya kontes Kambing untuk pertama kali di Ponorogo. Ia berharap, dengan hadirnya event ini bisa memicu peternak PE Ponorogo yang mulai merintis, semakin berkembang.

Lebih lanjut, ia berharap kontes Kambing PE, bisa menjadi event tahunan dan event andalan di Bumi Reog.

“Untuk ke depan bisa dijadikan event tahunan akan menjadi sesuatu nilai lebih dan menjadi event unggulan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri Sancoko menilai potensi ekonomi Kambing PE sangat besar. Karena itu, ia mendorong kontes ini menjadi bagian dari event perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo ke-526 agar memantik sektor ini untuk berkembang di Ponorogo.

Bagikan