Hadapi Nataru, Menteri Perdagangan Cek Stok dan Harga Pangan di Pasar Stasiun Ponorogo

Minggu (25/12/22), Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ponorogo. Didampingi Kang Bupati Sugiri Sancoko, Zulkifli Hasan melakukan pemantauan di Pasar Stasiun Ponorogo untuk memastikan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Ponorogo aman pada Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Saat berkeliling pasar, Zulkifli Hasan dan Kang Bupati Sugiri terlihat mengobrol dengan para pedagang guna menanyai perkembangan harga-harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru. Zulkifli Hasan juga terlihat membeli berbagai kebutuhan pokok seperti beras, tempe, minyak, dan daging ayam yang kemudian dibagikan langsung kepada masyarakat sekitar.

Usai berbelanja, Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa harga kebutuhan pokok seperti beras, tempe dan sayur mayur cenderung stabil. Tidak ada kenaikan signifikan untuk kebutuhan bahan makanan sehari-hari tersebut.

“Ini Pak Bupatinya ‘jempol dua’. Di sini harga-harga sangat terkendali. Cabe turun harganya. Harga beras yang Bulog ada malah hanya Rp. 45.000 (per kemasan isi 5 kilogram), berarti harganya per kilo Rp9.000. Tempe stabil, sayur sayur stabil. Pendek kata di Ponorogo harga stabil, Alhamdulillah. Mudah-mudahan natal, tahun baru lancar semuanya,” ungkapnya.

Sementara itu, mengenai harga kedelai yang masih relatif tinggi, Zulkifli menjelaskan bahwa, pihaknya memastikan tidak ada lagi kenaikan signifikan. Di bulan Januari 2023, pihaknya akan melakukan impor untuk menstabilkan harga.

“Kedelai stabil walau masih agak tinggi nanti Januari (pasokan impor) akan datang,” ujarnya.

Bagikan