Padukan Agama, Budaya, dan Iptek, Kang Giri : Cocok Dengan Konsep Kami

Pendidikan karakter yang bersumber dari nilai-nilai agama, budaya dan ilmu pengetahuan yang diusung MTsN 4 Ponorogo sejalan dengan arah pembangunan Kabupaten Ponorogo yang ingin diwujudkan oleh Bupati – Wakil Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. – Hj. Lisdyarita, S.H.

“Model pendidikan yang dijalankan MTsN cocok dengan konsep kami, bagaimana agar menjadi kota budaya dan santri,” tutur Kang Giri, panggilan akrab Bupati Ponorogo, ketika menghadiri acara Milad ke – 37 dan Launching Program Kelas Unggulan MTsN 4 Ponorogo, Selasa (30/03/2021).

Kang Giri menilai, pendidikan yang hanya menekankan pada kecerdasan berpikir tanpa disertai dengan pembentukan karakter akan membuat siswa rapuh.

“Kecerdasan otak tanpa karakter akan rapuh. Model seperti yang diterapkan MTsN 4 akan membuat anak-anak memiliki kecerdasan yang komplit,” ucapnya.

Beliau memberikan contoh, wujud nyata dari karakter luhur yang harus dimiliki siswa, rasa hormat kepada guru yang selama ini mendampingi mereka dalam menuntut ilmu.

“Kefahaman dan kecerdasan siswa tidak hanya berasal dari hasil belajarnya saja, akan tetapi yang terpenting adalah sikap dan tawadlu’ kepada guru. Sebab guru merupakan jembatan ilmu yang akan mengantarkan murid-muridnya pada pengetahuan yang luas,” terangnya.

Bagikan