PPKM Mikro Efektif Redam Pandemi COVID-19 Di Ponorogo

Upaya menekan penyebaran COVID-19 di kabupaten Ponorogo dengan menerapkan PPKM Mikro secara ketat, membuahkan hasil positif. Hal ini dipaparkan sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Ponorogo, Dr. Agus Pramono, M. M., ketika mengikuti Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro Wilayah Jawa Timur, Rabu (03/03/2021).

“Trend zonasi RT yang ada di Ponorogo mulai minggu pertama sampai minggu ke-4 perkembangannya alhamdulillah bagus. Untuk zona kuning ini mengalami penurunan, menjadi 163,” ucap Sekda Ponorogo.

Tidak hanya itu, keberhasilan penerapan PPKM Mikro juga bisa dilihat dari meningkatnya angka kesembuhan pasien COVID-19.

“Progres per 1 minggu terakhir ini ketika tanggal 22 februari kemarin yang sembuh 83,9 %. Hari ini sudah meningkat, menjadi 87 %. Sehingga bisa kami pastikan dengan PPKM Mikro ini tingkat kesembuhannya lebih besar dibanding kasus baru yang muncul,” tutur Sekda Agus.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Agus juga melaporkan terkait pembentukan Posko dan Satgas COVID-19 Desa sudah dijalankan dengan baik. Satgas COVID-19 kabupaten juga terus berkoordinasi untuk memastikan penerapan PPKM Mikro di desa berjalan dengan maksimal.

Untuk mendukung pelaksanaan PPKM Mikro di desa, Pemkab Ponorogo juga proses pencairan Dana Desa untuk pelaksanaan PPKM sudah terealisasi sepenuhnya.

“Terkait dengan Dana Desa, untuk APBdes, semua sudah menyusun. Untuk penyaluran Insya Allah Ponorogo sudah cair 100 persen,” jelasnya.

Di akhir laporannya, Sekda Agus berharap dengan pelaksanaan PPKM Mikro dan dimulainya Vaksinasi COVID-19 kondisi Pandemi di Kota Reyog semakin membaik.

“PPKM Mikro dijalankan bersamaan dengan pemberian vaksinasi, diharapkan bisa menekan penambahan kasus baru dan meningkatkan angka kesembuhan lebih signifikan, ” tutupnya.

Bagikan