Konkritkan Kerja Sama, Bupati – Wakil Bupati Ponorogo Lakukan Kunjungan Balasan Ke Pacitan

Seperti janji yang disampaikan ketika menerima kunjungan Plh. Bupati Pacitan (10/04/2021), Bupati – Wakil Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. – Hj. Lisdyarita, S.H., melakukan kunjungan balasan ke Pacitan bersama OPD, Jumat (23/04/2021). Selain silaturahmi, kunjungan ini dalam rangka mengintensifkan komunikasi terkait rencana kerja sama kedua Kabupaten ke depan.

Menurut Kang Giri, komunikasi harus dijalin secepat mungkin. Mengingat, saat ini kedua Kabupaten dalam masa penyusunan perencanaan pembangunan. Sehingga sinergi antara Pacitan – Ponorogo benar-benar bisa diimplementasikan dalam kebijakan pembangunan.

“Ini musim perencanaan Musrenbang. Sejak dini kita bergandengan, artinya bisa langsung diimplementasikan dalam APBD kelak,” tuturnya.

Sebagai tindak lanjutnya, dalam Musrenbang Ponorogo, Kang Giri berencana mengundang perwakilan dari Pacitan. Begitu juga ketika pelaksanaan Musrenbang Pacitan, akan mengirim perwakilan ke Ponorogo. Langkah ini penting dilakukan untuk menyamakan persepsi dan program kedua daerah.

“Rakyat Ponorogo atau Pacitan tuntutannya sama. Atas dasar kesamaan itu, kita samakan program,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kang Giri menyampaikan contoh rencana kerja sama dalam bidang perdagangan. Komoditi yang kecil produksinya di Pacitan, namun melimpah di Ponorogo, Kota Reyog akan membantu menyuplainya dan sebaliknya.

“Biar ada kerja sama lebih dalam misalnya perdagangan antar Kabupaten. Kami turah beras, di sini (Pacitan-Red.) banyak rempah-rempah, empon-empon, ikan laut, saya tidak ada laut,” ucapnya menjelaskan.

Kang Giri optimis, jika kerja sama kedua Kabupaten terjalin dengan baik, bisa mendorong kebangkitan ekonomi wilayah Mataraman.

“Jika terjadi perdagangan elok, maka ekonomi bangkit dari Mataraman. Saya ingin memantik itu dari dua Kabupaten, Pacitan dan Ponorogo,” imbuhnya.

Bagikan