Responsif Gender, Ponorogo Berhasil Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya

Kabupaten Ponorogo berhasil mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA) yang diserahkan secara virtual, Rabu (13/10/2021).

APE menjadi pengakuan dari Kementerian PPPA bahwa Kabupaten Ponorogo memiliki komitmen dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Atas penghargaan ini, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam menyukseskan strategi pengarusutamaan gender yang dijalankan di Bumi Reyog. Tentunya dalam assesment berikutnya ia berharap Ponorogo bisa meraih kategori yang lebih tinggi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung dan bekerja keras sehingga kita mampu mendapatkan APE dengan predikat Madya. Tapi ke depan kita harus mendapatkan utama atau mentor,” tutur Kang Giri, sapaan akrab Bupati Ponorogo.

Salah satu indikator implementasi PUG yang saat ini sedang diupayakan oleh Pemkab Ponorogo untuk mendapatkan kategori lebih tinggi adalah Peraturan Daerah. Di mana saat ini proses penyusunan Perda sudah masuk pada tahap evaluasi Gubernur.

“Kita belum punya perda, Perda sedang berproses. Dengan Perda itu kita bisa bergerak serentak di semua titik bisa kita lakukan. Semua potensi bisa kita gerakkan untuk mengejar yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kang Giri menyampaikan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender tidak boleh berhenti hanya pada slogan dan penghargaan. Namun responsif gender harus benar-benar diwujudkan secara konkrit.

“Namun yang lebih penting bekerja lebih konkrit agar pengarusutamaan gender itu tidak hanya menjadi slogan atau penghargaan, tapi kenyataan yang terjadi,” tegasnya.

Bagikan