Resmikan TPS-3R, Kang Bupati Sugiri Berharap Kesadaran Pengelolaan Sampah Bisa Terbentuk

Kang Bupati Sugiri Sancoko didampingi Wakil Bupati Bunda Lisdyarita meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS – 3R) di Kelurahan Surodikraman Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jumat (21/1/2022).

Memiliki kapasitas 2 ton, TPS-3R ini rencananya digunakan tempat memilah dan mengolah sampah dari Kelurahan Pakunden, Purbosuman, Surodikraman, dan Kepatihan. Dengan menggunakan sistem 3R, diperkirakan TPS-3R bisa mereduksi 30 persen sampah yang masuk sebelum dikirim ke TPA Mrican.

Dengan diresmikannya TPS-3R Kang Bupati Sugiri berharap akan menumbuhkan kesadaran bersama mengelola sampah dengan semestinya. Jika mampu dikelola dengan baik, seperti dijelaskannya sampah bukan lagi menjadi masalah namun bisa mendatangkan berkah.

Kang Bupati memberikan gambaran dengan mesin pencacah di TPS-3R, sampah organik bisa diolah menjadi pupuk organik. Sedangkan sampah dengan tingkat residu tinggi dikirim ke TPA Mrican untuk diolah menjadi briket.

“Dengan adanya TPS bisa memantik titik kesadaran kita, sampah yang dulunya menjadi masalah jika dikelola dan di-manage dengan baik bisa menjadi berkah. Yang organik dicacah menjadi pupuk, yang residunya tinggi seperti plastik, tisu basah, kita sudah menemukan solusinya menjadi briket. Mudah-mudahan ke depan sampah bisa selesai sampah nol residu,” tutur Kang Bupati Sugiri ketika ditemui selepas peresmian.

Lebih lanjut, Kang Bupati menyampaikan untuk mendorong manajemen pengelolaan sampah di tingkat hulu, dana 10 juta per RT dari Pemkab Ponorogo salah satunya diperuntukkan untuk pengelolaan sampah tingkat rumah tangga.

“Agar ter-manage dengan baik, anggaran 10 juta per RT salah satunya akan diperuntukkan memilah sampah di tingkat RT,” jelasnya.

Pembangunan TPS-3R di Ponorogo tentunya akan terus berlanjut. Henry Indrawardana Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo menginformasikan pada tahun 2022, akan dibangun 5 TPS-3R, dengan perincian 2 dengan anggaran DAK dan 3 dengan anggaran APBN. (NK/SP)

Bagikan