Parade 312 Reog Obyog Bawa Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

Parade 312 Reog Obyog Bawa Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

Lagi dan lagi Ponorogo tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) lantaran keseniannya. Kali ini datang dari Parade Reog Obyog yang gelar di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Jendral Sudirman, Rabu (10/8/2022).

Tercatat sebanyak 312 grup Reog Obyog yang datang dari 307 desa/kelurahan di wilayah Ponorogo tampil serentak pada event yang menjadi rangkaian perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo ini.

Di setiap titik pertunjukan, kibasan dadak merak pembarong, indahnya gerakan penari Jathil, kelincahan penari Bujang Ganong, dan iringan musik yang mengalun padu mampu membius ribuan masyarakat Ponorogo yang hadir di lokasi.

Parade ini, kata Kang Bupati Sugiri Sancoko menunjukkan bahwa Reog Ponorogo sangat dicintai dan sudah menjadi “darah daging” masyarakat Ponorogo. Karena itu, proses transmisi kesenian dan kaderisasi seniman Reog bisa berjalan dengan baik.

“Artinya secara kaderisasi dan transmisi kami jalan,” tutur Kang Bupati.

Lebih lanjut, selain digelarnya parade seperti ini, ke depan Kang Bupati menginginkan adanya Festival Reog Obyog. Dijelaskannya, sebagai produk budaya, kesenian Reog tentu saja mengalami perkembangan, hasil dari kreatifitas dan inovasi pelaku seni. Salah satunya dengan lahirnya varian Reog Obyog yang harus diwadahi.

“Budaya itu evolusi, setiap hari bergerak maka harus kita wadahi, sehingga Reog Obyog kami masukan ke dalam agenda Grebek Suro. Mudah-mudahan ke depan ada Festival Reog Obyog,” ujar Kang Bupati.

Bagikan