Kang Bupati Sugiri Buka PASCO VII Dies Natalis ke-49 SMKN 1 Ponorogo

49 tahun sudah SMKN 1 Ponorogo berdiri. Memperingati Hari Jadi tersebut, SMKN 1 Ponorogo mengusung tema “Merdeka Belajar untuk Berinovasi dan Berprestasi dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila” dengan mengelar Dies Natalis yang diisi berbagai kegiatan menarik. Ada Sosialisai BP/BK SMP/MTS Kab. Ponorogo, Lomba Story Telling, Lomba Matematika, Lomba Marathon tingkat SMP/MTS se-Kab Ponorogo, Parade Musik tingkat Pelajar se-Kabupaten Ponorogo serta Prakasa Achievement Scout Competitions (PASCO) VII yang digelar sejak 18 hingga 22 Januari 2023.

Kali ini, Minggu (22/01/23) kegiatan PASCO VII dibuka langsung oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko di Halaman SMKN 1 Ponorogo. PASCO sendiri merupakan ajang lomba dan kegiatan kreatif untuk memupuk rasa kesadaran dan persatuan demi terciptanya Pramuka yang berjiwa Pancasila.

Ketua Panitia PASCO VII, Selvia Dea Natasya memaparkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 310 siswa Pramuka Penggalang dari SMP/MTS se-Jawa Timur. Terdiri dari 30 regu yakni 15 regu putra dan 16 regu putri yang masing masing regu beranggotakan 10 peserta dan 1 pendamping. Mereka akan mengikuti berbagai lomba, mulai dari Pionering, Transfer Berita Pendek (TBP), Yel-yel, Cerdas Cermat, Dragbar dan Permainan Tradisional.

Lanjutnya, selain mengembangkan bakat minat dan pengalaman kepada peserta, PASCO VII juga bertujuan menjalin silaturahmi sesama anggota Pramuka dan memupuk rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat kekayaan alam di Bumi.

“Tujuan PASCO VII yaitu mengembangkan bakat minat anggota gerakan pramuka, memberikan pengalaman, dan variasi pelatihan kepada peserta, menjalin silaturahmi sesama anggota pramuka serta mensyukuri nikmat kekayaan alam yang melimpah,” ungkap Silvia.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri mengungkapkan rasa bangga atas digelaranya PASCO VII ini. Menurutnya, di dalam gerakan Pramuka memuat berbagai karakter yang komplit dan berdampak baik bagi generasi masa depan.

“Maka kenapa Pramuka menjadi andalan kami untuk pendidikan karakter? karena di Pramuka mendapatkan segalanya, bagaimana akhlak, moralnya diasah dengan baik, ketahanan banting, kerjasama, kolaborasi, tipis hatinya ketika menghadapi sosial, empati, Ini luar biasa hanya ada di Pramuka,” ujar Kang Bupati Sugiri.

Ke depan, Kang Bupati berharap, kegiatan ini dapat terus berlajut sehingga dapat menggungah semangat gerakan pramuka dan mampu melahirkan generasi penerus yang siap menghadapi berbagai tantangan zaman.

“Kita siapkan sekarang, karena 2045 akan ada ledakan namanya bonus demografi. Kami mimpi besar Indonesia akan menguasai dunia, Ponorogo akan menguasai luar biasa. Ke depan semoga diperluas,  jadi tidak hanya di sini, tapi diikuti semakin banyak peserta dan semakin banyak orang ikut pramuka maka akan semakin banyak anak yang berkarakter baik,” tambahnya.

Bagikan