Resmikan Masjid dan Aula SMKN 1 Jenangan, Kang Giri Dorong Peran SMK Membangun Ponorogo

Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M., menyampaikan kompetensi, keahlian dan inovasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Karena itu, beliau mengharapkan sinergi aktif antara Pemkab dan SMK terjalin lebih kuat untuk memajukan Kota Reyog.

Harapan ini Kang Giri sampaikan ketika meresmikan Masjid Al-Jannah dan Hall Nanggala SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo, Senin (24/04/2021).

“Saya ingin SMK dilibatkan dalam pembangunan, misalnya ada alsintan (alat dan mesin pertanian, red) diproduksi SMK, ada mobil vakum cleaner, dan sebagainya. Berkarya untuk Ponorogo sama dengan ilmunya membumi,” tuturnya.

Kang Giri menuturkan meskipun kewenangan pengelolaan SMK berada di bawah Pemerintah Provinsi, Pemkab Ponorogo akan memberikan dukungan penuh kepada perkembangan dan kemajuan SMK di Kota Reyog.

“Memang kami dibatasi Undang-Undang bahwa SMK berada di kewenangan Pemerintah Provinsi. Namun ini hidup di Ponorogo, kami punya tanggung jawab bersama bagaimana memajukan Ponorogo, bagaimana memajukan SMK,” jelasnya.

Menurutnya dukungan kepada sektor pendidikan termasuk SMK merupakan salah satu cara paling efektif untuk mewujudkan Ponorogo Hebat.

“Operasi plastik mindset dimulai dari pendidikan. Inilah yang mampu merubah wajah Ponorogo di bidang apapun,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Kang Giri berkesempatan mencoba mengendarai mobil listrik karya anak-anak SMKN 1 Ponorogo. Selain itu juga melihat karya-karya lain seperti motor listrik, sistem air mancur, dan sebagainya.

Bagikan