Peringati Hari Wayang Kulit Nasional Ke-3, 24 Dalang Lintas Generasi Tampil Di Pendopo Kabupaten Ponorogo

Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional ke-3 tahun 2021, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Ponorogo bersama Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengadakan Pagelaran Wayang Kulit di Pendopo Kabupaten Ponorogo dari pagi Sampai malam pada Sabtu, (20/11/2021).

Dua puluh empat dalang lintas generasi – Dalang Cilik sampai Dalang Sepuh- menyajikan 7 lakon yang dibagi menjadi 3 sesi.

Pagelaran Wayang Kulit di Pendopo ini seperti disampaikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, menjadi salah satu cara menyampaikan pesan, Ponorogo sebagai Kota Budaya dan Santri. Tidak hanya dalam slogan, namun benar-benar diterjemahkan dalam implementasi pembangunan.

“Saya sebagai Bupati harus berpihak pada budaya dan hari inilah bentuk keberpihakan kami agar kemudian kota yang kita cintai ini mampu mengejawantahkan kata budaya kedalam implementasi pembangunan,” tutur Kang Giri selepas membuka Pagelaran Wayang.

Pada kesempatan tersebut Kang Giri mengajak untuk bersama-sama melestarikan dan mengembangkan kesenian Wayang di Ponorogo, salah satunya melalui sanggar-sanggar pedalangan. Dalam pengembangannya menurutnya Wayang tidak hanya menjadi tontonan, namun tuntunan bagi generasi muda Kota Reyog.

“Saya titip pesan kepada Dalang untuk bersama-sama kami mengembangkan wayang tidak hanya sebagai tontonan namun juga sebagai tuntunan biar menjadi berbudi luhur,” ujarnya.

Bagikan