97 Pelajar Ponorogo Tunjukkan Suara Indah pada Festival Mocopat 2022

97 Pelajar Ponorogo Tunjukkan Suara Indah pada Festival Mocopat 2022

Festival Mocopat tingkat Pelajar 2022 yang digelar 6-7 Agustus 2022 di Aula Bappeda Litbang Ponorogo, menunjukkan Kabupaten Ponorogo tidak pernah kekurangan bakat-bakat seniman muda. Total ada 97 siswa tingkat SD-SMA menunjukkan kemampuan terbaiknya pada event yang menjadi rangkaian Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Ponorogo ini.

Sindu Parwoto selaku ketua pelaksana festival menginformasikan 97 peserta terdiri dari 15 siswa dan 18 siswi tingkat Sekolah Dasar (SD), 24 siswa dan 29 siswi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta 3 siswa dan 18 siswi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Para peserta, ungkap Ki Parwoto, tampil di depan 3 juri yang didatangkan dari Kementerian Kebudayaan Provinsi Jawa Timur. Mereka dinilai berdasarkan suara, pembawaan, teknik vokal, dan penampilan. Dari penilaian para juri panitia menentukan 10 penyaji terbaik setiap kategorinya.

“Juri kita ambil dari luar Ponorogo agar objektif. Mocopat dari dinas Kebudayaan jatim,” ungkap Ki Parwoto.

Sementara itu, hadirnya festival Mocopat diharapkan Kang Bupati Sugiri Sancoko menjadi wadah melahirkan dan mengembangkan kader-kader seniman vokal tradisional. Di mana menurutnya, Ponorogo tidak pernah kekurangan bakat-bakat tersebut.


Lebih dari itu, harap Kang Bupati, karakter budaya akan terbentuk pada generasi muda Ponorogo.Generasi yang tidak hanya hebat secara intelektual, namun juga memiliki karakter dan sikap yang indah.

“Esensinya menjadi karakter. Kalau menjadi karakter akan lembut jiwanya sehingga produk-produk yang dihasilkan mereka akan santun, indah, dan hebat,” ujar Kang Bupati.

Bagikan