Adu Indah Suara Puter Pelung, Kang Bupati : Wadah Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Adu Indah Suara Puter Pelung, Kang Bupati : Wadah Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Minggu, (7/8/22) Kontes Seni Suara Puter Pelung Cup digelar dalam rangkaian Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo. Bertempat di Padepokan Reog Jalan Pramuka Ponorogo, pembukaan acara ditandai dengan penancapan bendera penilaian oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Sebanyak 150 peserta memamerkan suara indah Burung Puter Pelungnya kepada para juri. Tak hanya Ponorogo, kontes ini juga diikuti peserta dari berbagi daerah mulai dari Madura, Banyuwangi, hingga berbagai kota di Jawa Tengah.

Para Juri pun terlihat serius menilai keindahan kicau puter pelung berdasarkan irama suara tengah, kejelasan suara akhir, dan liukan suaranya.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri mengungkapkan bahwa Kontes Puter Pelung tidak bisa dipandang remeh dari segi ekonomi. Mengingat, dari hobi Puter Pelung melibatkan banyak UMKM di Ponorogo, seperti penjual pakan burung, pengusaha sangkar, pengusaha gantangan dan sebagainya.

Ke depan Kang Bupati percaya dengan hadirnya berbagai komunitas hobi seperti Puter Pelung Cup ini mampu memicu pertumbuhan ekonomi di Ponorogo.

“Burung Puter Pelung saja ini beberapa pengusaha yang terlibat dalam prosesnya, ada pengusaha pakan, pengusaha sangkar, pengusaha gantangan, termasuk profesi dewan juri yang sangat luar biasa. Ke depan, kalau semua sektor dihidupkan maka pertumbuhan ekonomi di segala sektor akan meningkat,” ujar Kang Bupati.

Bagikan