PCF 2023 Sukses Digelar, Spirit Bangun Ekonomi Kreatif Ponorogo Semakin Kuat

Dimulai 23 Mei 2023, Ponorogo Creative Festival resmi berakhir dan ditutup oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko, Sabtu (27/5/2023) malam. Pertunjukan Reog Ponorogo dan fashion show batik karya desainer Ponorogo menjadi penutup PCF 2023 ini.

Judha Slamet Sarwo Edi selaku Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo menyebut, selama penyelenggaraan jelas terlihat potensi besar ekonomi kreatif di Kota Reog.

Seni pertunjukan, musik, fashion, kriya, kuliner, dan sub sektor ekonomi kreatif lainnya menunjukkan kualitasnya di panggung dan stand yang disediakan Pemkab. Dari 43 stand, tercatat Rp250 juta transaksi selama festival.

“Sampai hari ke-4, dari 31 stand ekraf dan 12 stand kopi menorehkan transaksi Rp250 juta,” ungkap Judha.

Suksesnya pagelaran PCF membuat Kang Bupati Sugiri Sancoko optimis akan masa depan ekonomi kreatif di Ponorogo. Penutupan PCF ini baginya menjadi awal membangun ekosistem ekonomi kreatif yang kuat. Sektor ekonomi yang mampu membawa Ponorogo naik kelas dan sejahtera masyarakatnya.

Baca juga : Babak Baru Perjuangan Ponorogo Jadi Bagian Jejaring Kota Kreatif Dunia

PCF 2023 Sukses Digelar, Spirit Bangun Ekonomi Kreatif Semakin Kuat

Namun Kang Bupati menekankan, untuk membangunnya semua stakeholder harus bergerak serentak dan seirama. Pemerintah, akademisi, lembaga pendidikan, dan pelaku industri kreatif harus membuat langkah-langkah konkrit.

“Meskipun event kita tutup, kita buka spirit kreatif bersama-sama. Semua harus ambil bagian membangun ekosistem itu,” ujar Kang Bupati.

Baca juga : Suguhan “Nyanyian Telaga” di Malam Tahun Baru

Di antara langkah konkret yang direncakan, setelah PCF ini, Pemkab Ponorogo kembali mendorong geliat ekonomi kreatif melalui event-event kreatif. “Kami ingin sering mengadakan event kreatif seperti ini agar semakin banyak spending di Ponorogo dan memicu bergeraknya ekonomi,” ungkapnya.

Baca juga : Ground Breaking, Tandai Pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban Ponorogo

Bagikan