Peringati Harkitnas dan Hardiknas 2023, Kuatkan Komitmen Wujudkan Ponorogo Hebat

Peringati Harkitnas dan Hardiknas 2023, Kuatkan Komitmen Wujudkan Ponorogo Hebat

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan Hari Pendidikan Nasional diperingati secara bersamaan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo dengan menggelar upacara bendera merah putih di halaman Pendopo Agung Kabupten Ponorogo, Senin (22/5/23).

Dipimpin oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko, upacara diikuti oleh Wabup Bunda Lisdyarita, Kapolres Ponorogo, Dandim 0802/Ponorogo, Aparatrur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, organisasi masyarakat, mahasiswa, serta para pelajar Ponorogo.

Mengusung tema “Semangat Untuk Bangkitā€¯, Kang Bupati Sugiri mengajak untuk merenungkan spirit Hari Kebangkitan Nasional yang ditandai dengan berdirinya Budi Utomo (1928). Organisasi, suku, ras, dan agama yang berbeda, kala itu para pahlawan tanggalkan, untuk bersatu meraih cita-cita kemerdekaan.

“Mari kita merenung sejenak bahwa para pahlawan dulu mampu menggedor kesadaran dengan cara berfikir secara kebersamaan. Kebersamaan ditunjukkan oleh tokoh intelektual saat itu, seperti Dr. Soetomo. Meraka berfikir bahwa indonesia itu satu, lalu lahirlah kemerdekaan dari sejarah kebangkitan nasional,”ujarnya.

Baca juga :

Menerjemahkan spirit tersebut, Kang Bupati Sugiri mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkolaborasi dan bangkit bersama guna menghadapi permasalahan dan tantangan yang ada. Dengan semangat gotong-royong itu, ia optimis cita-cita masyarakat menjadikan Kabupaten Ponorogo Hebat akan terwujud.

“Saya menghimbau kepada semua pihak, mari kita fotocopy spirit pahlawan yang gugur untuk ke depan mewujudkan Ponorogo ini menjadi kota yang beradab, kota yang rukun dan hebat. Maka, semua unsur harus bergotong-royong untuk mewujudkannya,” ujar Kang Bupati.

Sementara itu, memaknai peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kang Bupati Sugiri berpesan kepada para generasi muda mengembangkan kualitas diri dengan giat belajar dan berkarya. Dengan kualitas diri yang unggul, ia meyakini mereka akan mampu meneruskan, bahkan melebihi perjuangan generasi saat ini.

“Siapkan kualitas SDM mulai sekarang, maka anda akan menjadi estafet pemimpin berikutnya. Saya sampaikan kalau bonus demografi bukan PR sederhana, harus kita laksanakan bersama untuk menuju kesana,” ungkapnya.

Bagikan