Tukar Sampah Dapat Hadiah: Bangkitkan Kepedulian Masyarakat terhadap Sampah 

Gerak nyata masyarakat untuk peduli sampah terus dipantik Pemkab Ponorogo. Seperti yang terlihat di Jl. Suromenggolo Ponorogo, , Minggu (5/5/24), ratusan warga nampak antusias mengikuti acara “Sampahku Tanggung Jawabku (SAMTAKU) Menuju Ponorogo Indah Bebas Sampah”.

Tak hanya memungut dan membersihkan sampah serentak, ada  “Tukar Sampah Dapat Hadiah” yang diikuti peserta.

Mereka berlomba-lomba mengumpulkan sampah untuk ditukar dengan hadiah seperti tumbler, pupuk tanaman, bibit tanaman, dan lain sebagainya.

Kang Bupati Sugiri yang hadir bersama Wabup Bunda Lisdyarita menyebut persoalan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah harus ditumbuhkan. 

“Kalau semua sadar, akan tiba saatnya Ponorogo bersih dari sampah tanpa alasan apapun. Ini PR kita bersama ayo kita sadar mudah-mudahan dengan kesadaran ini Ponorogo akan lebih bagus,” tambahnya.

Semantara itu, Gulang Winarno Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo menyebut, acara SAMTAKU tersebut, merupakan rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup 2024.

Hari Lingkungan Hidup yang jatuh tanggal 5 Juni itu pun, juga akan diperingati dengan berbagai acara. Mulai dari penanaman pohon, lomba mewarnai tingkat SD dan SMP, serta lomba majalah dinding tingkat SLTA.

“Ini nanti dilanjutkan penanaman pohon tanggal 8 Mei di Desa Wates, tanggal 4 ada lomba mewarnai tingkat SD, SMP, ada mading tingkat SLTA dan puncaknya tanggl 5 Juni,” terangnya.

Bagikan