Ringankan Beban Peternak Terdampak PMK, Kang Bupati Sugiri Undang Kreditur Bahas Relaksasi Kredit

Menindaklanjuti keluhan peternak yang terhantam ekonominya akibat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kang Bupati Sugiri Sancoko lekas berkoordinasi dengan pihak perbankan dan lembaga keuangan lainnya yang menjadi kreditur peternak di Pendopo Kecamatan Pudak, Selasa (21/6/2022). Koordinasi ini terkait permintaan relaksasi kredit untuk meringankan beban peternak di tengah kesulitan yang mereka hadapi.

“PMK inikan berdampak luar biasa kepada sapi dan ekonominya menghantam pemilik sapi. Saya berunding kepada beliau-beliau yang hadir di sini, saya minta untuk dilakukan restrukturisasi pinjaman,” ujar Kang Bupati ketika ditemui selepas rakor.

Dari rakor ini terungkap kreditur siap melakukan relaksasi pinjaman. Namun dalam pelaksanaannya kreditur akan memberikan perlakuan yang berbeda sesuai dengan kondisi peternak. Begitu juga dengan skema relaksasi pinjaman, setiap lembaga keuangan akan menerapkan kebijakan masing-masing.

Melalui rakor ini, Kang Bupati meminta kepada Kepala Desa untuk menyiapkan data terkait dengan kondisi setiap peternak. Pemkab Ponorogo juga akan segera berkirim surat kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan untuk memperlancar proses relaksasi kredit.

“Langkah dini kami lakukan agar kedua belah pihak baik kreditur maupun debitur bersiap-siap untuk melakukan langkah-langkah termasuk pemerintah hadir menjadi penengah,” ungkapnya.

“Tentu kami juga akan laporan pada OJK, ini kejadian bencana, semua harus berfikir tidak boleh ada yang dibiarkan, lalu menjadi kredit macet. Nanti menjadi masalah,” ungkapnya.

Bagikan