41 Grup Tunjukkan Kemampuan di Festival Karawitan tingkat Pelajar dan Umum Ponorogo

41 Grup Tunjukkan Kemampuan di Festival Karawitan tingkat Pelajar dan Umum Ponorogo

Tidak heran bila Kabupaten Ponorogo dijuluki Kota Budaya. Setiap masa, selalu muncul seniman-seniman muda dengan bakat luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari Festival Karawitan tingkat Pelajar dan Umum yang dibuka oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko di Pendopo Kabupaten Ponorogo, Senin (8/8/2022).

Berlangsung 8-9 Agustus 2022, total ada 41 grup yang terdiri dari 13 tingkat Sekolah Dasar (SD), 13 grup tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), 8 grup tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), dan 7 grup umum.

Sindu Parwoto selaku ketua pelaksana mengungkapkan setiap grup akan tampil di hadapan 3 juri yang didatangkan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Mereka akan dinilai berdasarkan garapan, teknik pukulan, improvisasi, dan penampilan.

“Garapan, teknik pukulan keras lunaknya, improvisasi dari gending yang ada bagaimana mereka menggarap, serta penampilan grogi atau tidak,” ungkap Ki Parwoto.


Sementara itu, Kang Bupati Sugiri Sancoko mengungkapkan Pemkab Ponorogo konsisten menyelenggarakan Festival Karawitan sebagai bagian dari upaya menumbuhkan kecintaan generasi muda pada seni Karawitan. Serta melahirkan kader-kader pengrawit mumpuni.

Lebih dari itu, Kang Bupati menekankan, esensi dari menumbuhkan kecintaan kepada seni, akan lahir generasi muda dengan karakter istimewa.

“Ini upaya kami melahirkan kader-kader budaya. Gnerasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual namun pintar secara moral, karakter, dan berbudaya. Dari mulai SD, SMP, sampai SMA mari kita tumbuhan kecintaan pada budaya,” ungkap Kang Bupati.

Bagikan