HUT Ke-77 RI, Pemerintah Kabupaten Ponorogo Gelar Resepsi Kenegaraan

HUT Ke-77 RI, Pemerintah Kabupaten Ponorogo Gelar Resepsi Kenegaraan

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar Resepsi Kenegaraan di Pendopo Agung Ponorogo, Rabu (17/8/22).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Ponorogo Bunda Lisdyarita, Sekretaris Daerah Ponorogo Agus Pramono, Ketua DPRD Ponorogo, Kapolres Ponorogo, Dandim 0802 Ponorogo, Kepala Kejaksaan Negeri Ponorogo, Ketua Pengadilan Negeri Ponorogo, Kasi Bhakti TNI AU Lanud Iswahyudi, jajaran Forkopimda, Para Veteran Pejuang, jajaran Perangkat Daerah dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, turut diserahkan 2.122 bendera merah putih secara simbolis oleh Bunda Lisdyarita, Ketua DPRD Ponorogo, Kajari Ponorogo dan Kasi Bhakti TNI AU Lanud Iswahyudi kepada perwakilan tokoh masyarakat sebagai program nasional Menteri Dalam Negeri yakni gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih. Juga penyerahan tali asih yang diberikan kepada Pepabri, DHC 45 dan LVRI.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bunda Lisdyarita menyampaikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Ponorogo menyambut agenda besar, yakni Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Ponorogo. Tiga agenda besar pada bulan Agustus ini menjadi momentum untuk bergerak mewujudkan Ponorogo Hebat.

Tagline PONOROGO HEBAT dan tema Grebeg Suro Bergandeng Erat dan Bergerak Cepat, berkaitan dengan tema HUT ke-77 RI, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Sinergi yang kuat dan bergerak cepat, menjadi modal penting untuk pulih dan bangkit mewujudkan Indonesia Maju – Ponorogo Hebat setelah menghadapi hantaman Pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, Bunda Lisdyarita mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi terhadap para atlet Ponorogo yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov) yang berhasil membawa pulang 29 medali ke Bumi Reog. Selain dari ajang Porprov, prestasi juga diraih pada ajang Kejuaran Silat Dunia ke-19 yang dipersembahkan oleh Aji Bangkit.

Selain itu, Kabupaten Ponorogo juga patut bangga, kesenian Reog Ponorogo mendapatkan kesempatan tampil di Istana Negara pada Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke 77 Tahun Republik Indonesia.

“Tentulah warga masyarakat Ponorogo boleh berbesar hati, karena dengan diundangnya Reog untuk tampil di istana negara, berarti Bapak Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo mengakui eksistensi Reog sebagai budaya khas Ponorogo, Reog Milik Ponorogo, milik Indonesia,” ungkap Bunda Lisdyarita.

Bagikan