Kang Bupati Sampaikan Kondisi Ponorogo Pada Paripurna DPRD Hari Jadi ke-526 Ponorogo

Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo tidak hanya diperingati melalui panggung budaya, namun juga di panggung politik melalui sidang paripurna DPRD Ponorogo dengan agenda Peringatan Hari Jadi Ponorogo ke-526, Kamis (11/8/2022). Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Ponorogo, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan pidatonya di hadapan peserta sidang.

Menyertai Kang Bupati pada rapat, Wakil Bupati Bunda Lisdyarita, Sekretaris Daerah Ponorogo, jajaran Perangkat Daerah, Camat, dan Kepala Desa. Hadir pula anggota DPR RI Ali Mufti, jajaran Forkopimda Ponorogo, Bupati Ponorogo periode 2010-2015 H. Amin, Rektor Perguruan Tinggi di Ponorogo, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam pidatonya, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan kondisi sosial masyarakat Ponorogo saat ini. Di antaranya tingkat partisipasi warga Ponorogo yang berusia 7-15 dalam program Pendidikan 9 tahun telah mencapai 89%. Semakin tingginya tingkat partisipasi pendidikan, juga didukung kualitas tenaga pendidik yang semakin tinggi. Di mana tenaga pendidik yang berkualifikasi S1, D3 dan D4 mencapai 96,87%.

Sementara itu, di bidang Kesehatan jumlah ibu hamil yang mendapatkan layanan Kesehatan di fasilitas Kesehatan mencapai 88%. Jumlah ibu bersalin yang mendapatkan layanan bersalin 94,4 %, jumlah bayi lahir yang mendapatkan layanan Kesehatan 91,42% dan jumlah balita yang mendapatkannya mencapai 92,49%.

Sedangkan di bidang pelayanan masyarakat yang masuk dalam program pekerjaan umum di antaranya penyediaan kebutuhan air minum mencapai 78,63% dan layanan pengelolaan air limbah domestik mencapai 12,67%.

Sedangkan capaian di bidang sosial, seperti pelayanan penyandang disabilitas terlantar, anak terlantar, lansia terlantar, dan penyandang tuna sosial telah terpenuhi 100%. Perlindungan dan jaminan sosial pada saat dan setelah tanggap darurat bencana bagi korban bencana mencapai 93,66%. Pun, terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak semakin baik dengan torehan predikat Kabupaten Layak Anak kategori Madya.

Selain itu, di bidang Pemerintahan dan Pemberdayaan Desa, Kabupaten Ponorogo mampu menaikkan status Indeks Desa Membangun (IDM) dari desa maju ke desa mandiri bertambah 10 desa.

Sementara itu, di bidang pariwisata dalam event grebeg suro 2022, mampu menghelat 60 kegiatan yang diharapkan mampu menjadi pengungkit ekonomi Kota Reog. Selain itu, pengembangan area wisata Telaga Ngebel dan pembangunan Monumen Reog – Museum Peradaban prosesnya terus berjalan. Dengan pengembangan pariwisata di berbagai sektor ini, Kang Bupati yakin akan mampu meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat.

Di akhir pidato, meskipun ada banyak capaian, Kang Bupati menyadari masih banyak tugas dan amanah dari masyarakat yang perlu dikejar. Oleh karena itu, ia mengharapkan kepada semua pihak senantiasa bergandeng erat, bergerak cepat untuk mewujudkan Ponorogo hebat.

“Kebersamaan dengan anggota dewan dan pemerintah kabupaten sangat kita harapkan agar kedepan kita bisa saling bergandeng erat bergerak cepat untuk menuju Ponorogo hebat. Dirgahayu Ponorogo ke-526, mudah-mudahan dilancarkan Allah SWT,”ujarnya.

Setelah rapat paripurna, masyarakat disuguhi dengan berbagai pertunjukan dan hiburan menarik. Ada pertunjukan Jaran thek, Barongsai, Reog, Gajah-gajahan dan sebagainya. Pun, stand makanan yang melibatkan pedagang UMKM dihadirkan gratis untuk masyarakat. Antusias masyarakat nampak tumpah ruah membanjiri area jalan Aloon-aloon Timur untuk menikmati makanan maupun pertunjukan.

Bagikan