Launching Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa, Kang Bupati : Semoga Narkoba Bisa Tuntas.

Launching Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa, Kang Bupati : Semoga Narkoba Bisa Tuntas.

Rabu, (10/8/22) Kang Bupati Sugiri melaunching Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di RSUD Ponorogo. Balai Rehabilitasi ini kerja sama antara Pemkab Ponorogo dengan Kejaksaan Negeri Ponorogo dalam menangani pelaku penyalahgunaan narkotika.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ponorogo Rindang Onasis, bahwa balai rehabilitasi ini merupakan terobosan Kejaksaan RI terkait program restorative justice bagi pelaku penyalahgunaan narkotika. Dimana pelaku yang memenuhi sejumlah persyaratan sebagaimana peraturan perundang-undangan dihentikan penuntutan tindak pidananya. Namun pelaku tindak pidana narkotika diwajibkan untuk menjalani proses rehabilitasi.

“Dengan adanya Balai narkotika ini besar harapan kita tidak hanya peresmian atau pembukaan namun dapat ditindaklanjuti dengan realisasi pemanfaatannya.

“Pendorong utama kita bekerjasama ini ada dasarnya, memang sudah diamanatkan melalui undang undang, kemudian timbul amanat untuk penyelesaian Restoratif Justice bagi pecandu narkotika,” ungkap Rindang Onasis.

Guna menunjang proses rehabilitasi, Yunus Mahatma selaku Direktur RSUD Ponorogo mengatakan, Balai rehabilitasi Adhyaksa dilengkapi dengan ruang apotek, ruang dokter, ruang admin, ruang makan, ruang pemerikasaan, ruang perawat, ruang tunggu dan kamar tidur pasien dengan 5 kapasitas tempat tidur. Selain itu, RSUD dr. Harjono juga telah menyiapkan tenaga kesehatan yang sudah mengikuti training dalam menangani pasien rehabilitasi.

Sementara itu, Kang Bupati mengatakan bahwa Balai rehabilitasi ini penting hadir di Ponorogo. Ia berharap dengan dibangunnya balai ini mampu menyembuhkan pecandu narkoba hingga tuntas. Sehingga ke depan, generasi Ponorogo akan jauh lebih berkualitas.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi kecanduan agar kemudian menjadi fasilitas saja. Mudah-mudahan ke depan narkotika bisa kita tekan sampai habis,” ujar Kang Bupati.

Bagikan