Angon Bareng, Kontes Kambing Peternak Ngrayun

Ternyata tidak hanya sektor pariwisata dan pertanian saja potensi Kecamatan Ngrayun yang menakjubkan. Potensi sektor peternakan yang terus bergeliat dan berkembang tidak kalah menariknya.

Hal ini bisa dilihat pada kontes kambing yang dihadiri Wakil Bupati Bunda Lisdyarita, Minggu (11/9/22) di Kandang Pinus Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. Bertajuk “Angon Bareng” para peternak kambing asal Ngrayun berkumpul, memamerkan hewan ternaknya untuk dinilai juri.

Tidak hanya ajang kontes, “Angon Bareng” juga dijadikan wadah saling berbagi ilmu tentang beternak kambing baik kepada sesama peternak maupun masyarakat umum.

Wahyudi selaku panitia acara mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar sejak 2007. Dari kontes ini, mendorong bermunculan peternak dan kelompok peternak baru sampai saat ini. Di mana banyak dari mereka beternak kambing PE, saanen, kambing sapera.

“Kegiatan ini sudah kami mulai dari 2007, sampai 2022 kami sudah terbentuk sebuah kelompok ternak sampai hari ini. Sehingga melahirkan embrio-embrio peternak kelompok baru di wilayah sekitar desa kami, juga luar desa, luar kecamatan. Ada beberapa ternak yang kami budidayakan mulai dari peranakan etawa yang meres sekaligus kami juga ada pengembangan saanen sapera untuk kambing susu,” kata Wahyudi.

Sementara itu, Bunda Lisdyarita mengungkapkan bahwa beternak kambing memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Pasalnya mulai dari kotoran, daging, hingga susunya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah jika dimanfaatkan dengan baik.

“Ngrayun ini semakin luar biasa. Potensinya luar biasa apalagi sekarang kita lagi butuh pupuk, nah hasil dari kotoran kambing sendiri ternyata itu setelah kita teliti lebih bagus dari kotoran sapi. Jadi di sini nanti banyak hal ke depannya yang bagaimana dari hasil peternakan kambing ini menghasilkan perekonomian yang luar biasa tidak hanya pupuk tetapi susu, susu kambing juga hari ini lagi booming,” ungkap Bunda Lisdyarita.

Melihat potensi ini, ungkap Bunda Lisdyarita, tentu saja Pemkab Ponorogo siap untuk mendorong perkembangannya.

“Nanti yang temen-temen inginkan itu saya tampung, nanti saya ketemu dengan Dinas Peternakan kita bisa sharing dengan Pak Bupati juga,” tambahnya.

Bagikan