Kang Bupati Sugiri Berangkatkan Seniman Reog Ponorogo Tampil di 4 Negara Eropa

Dalam waktu dekat, masyarakat Eropa bisa menyaksikan secara langsung keindahan kesenian Reog Ponorogo. Diberangkatkan Kang Bupati Sugiri Sancoko dari Jalan Aloon-Aloon Utara, Selasa (6/9/2022), 14 seniman Reog Ponorogo akan tampil di empat event berbeda, membawa misi budaya Ponorogo dan Indonesia.

Event The Shows Extraordinary Majesty of Reog Ponorogo on Tong Tong Fair di Den Haag Belanda menjadi tempat penampilan pertama Reog Ponorogo. Kemudian disusul event Indonesia Month di Brussels Belgia, Carrousel De Louvre di Paris Prancis, ditutup dengan event Indonesia Frankfurt Festival di Jerman.

Dengan misi budaya ini, Kang Bupati Sugiri Sancoko berharap Reog Ponorogo semakin dikenal di dunia. Menunjukkan Reog Ponorogo memang pantas dan seharusnya masuk daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

“Di bibir dan di serambi UNESCO, kami harus tampil secara total. Biar dunia memandang dan melihat Reog layak diakui sebagai ICH UNESCO,” terang Kang Bupati.

Mengingat pentingnya misi budaya ini, ungkap Kang Bupati, 14 seniman yang berangkat ke Eropa, benar-benar diseleksi dari sanggar-sanggar di Ponorogo. Mereka yang mempunyai beragam kemampuan, mulai dari tari hingga alat musik.

“Harus yang multitalenta yang kita persiapkan, karena hanya 14 orang yang diberangkatkan, harus tampil memukau, harus pinter semuanya,” lanjutnya.

Tidak hanya misi budaya, dalam tur eropa ini delegasi Ponorogo akan membawa misi pariwisata, perdagangan, dan investasi. Karena itu, khususnya di Frankfurt Jerman, delegasi Ponorogo akan memamerkan produk-produk unggulan dari Ponorogo.

“Ada beberapa produk yang dipamerkan di Frankfurt, kami diberi stand di sana, sambil tampil Reog ada forum bisnis di sana,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ketika ditanya terkait tidak ikutnya ia ke Eropa, Kang Bupati menyampaikan, saat ini ia ingin fokus bekerja, menjawab tantangan masyarakat Ponorogo.

“Seharusnya saya ikut mendampingi. Tapi saat ini kami harus fokus untuk Ponorogo, biar kontingen Reog saja yang berangkat tanpa harus didampingi pejabat,” tandasnya.

Bagikan