Kang Bupati Sugiri Buka Festival Karawitan PKK se-Ponorogo

Kang Bupati Sugiri Buka Festival Karawitan PKK se-Ponorogo

TIM Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Ponorogo menggandeng Disbudparpora menggelar Festival Karawitan PKK antar kecamatan di Pendopo Agung Ponorogo. Lomba tersebut dibuka langsung oleh Kang Bupati Sugiri yang ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (14/3/23).

Digelar selama 2 hari (14-15 Maret 2023), lomba ini diikuti 22 kelompok karawitan ibu-ibu PKK dari setiap kecamatan di Kabupaten Ponorogo. Kepala Disbudparpora Yudha Slamet Sarwo Edi mengatakan lomba karawitan ini merupakan salah satu wujud visi misi TP-PKK dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam upaya melestarikan kebudayaan di Kabupaten Ponorogo.

“Dengan semangat melestarikan budaya melalui festival kerawitan menjadikan ibu ibu TP-PKK semakin hebat. Ibu-ibu TP-PKK mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa akan senantiasa melestarikan kerawitan di Ponorogo,” ujarnya.

Baca juga :

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri Sancoko mengajak ibu-ibu PKK untuk terus aktif dalam berlatih dan mengembangkan kesenian karawitan. Selain sebagai upaya melestarikan budaya, kesenian karawitan juga mampu menumbuhkan ekonomi di Ponorogo.

“Budaya kita dorong, maka ibu ibu kita ajak untuk berfikir bagaimana festival karawitan jalan. Sibuk dengan hal positif ini membuat kincir ekonomi. Artinya tukang rias, gong, tukang jahit semua laris dan ini penting untuk menghidupkan ekonomi masyarakat. Dengan kesibukan yang positif, maka akan menjadi kebangkitan yang luar biasa,” ungkapnya.

Bagikan