Kang Bupati Sugiri Buka Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Halal Bihalal PEPADI Ponorogo

Kang Bupati Sugiri Buka Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Halal Bihalal PEPADI Ponorogo

KANG BUPATI Sugiri Sancoko membuka pagelaran wayang kulit dalam rangka halal bihalal Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Ponorogo di kediaman KRT Yatno Gondo Darsono Kecamatan Kauman, Ponorogo, Sabtu (29/4/23). Ditandai dengan penyerahan gunungan oleh Kang Bupati Sugiri kepada dalang Ki Sukresno Agung Nugroho.

Mengambil lakon Wahyu Widayat Pitu, pagelaran wayang kulit turut dimeriahkan oleh bintang tamu Gareng dari Pacitan. Nampak para tamu undangan dan warga antusias menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut hingga selesainya pertunjukan.

Dalam sambutannya, Kang Bupati Sugiri mengatakan bahwa selain sebagai tontonan yang menghibur, wayang kulit merupakan budaya adiluhung yang sarat akan tuntunan kehidupan. Lakon dan cerita yang dimainkan pun merupakan cerminan masyarakat Jawa dari masa ke masa.

“Wayang ini derajatnya hampir di bawah agama. Artinya maskotnya dulu sang wali, kemudian bagaimana mengimplementasikan ajaran Al-Qura’n yang diterjemahkan melalui wayang dan luar biasa cocok dengan kehidupan Jawa seperti yang ada di Ponorogo,” ungakpnya.

Baca juga : Pasar Malam Aloon-aloon Ponorogo Diperpanjang Sampai 6 Mei

Lebih lanjut, kepada PEPADI Kang Bupati Sugiri mengucapkan terima kasih atas dedikasinya dalam melestarikan kesenian wayang kulit khusunya di Kabupaten Ponorogo. Masih di moment Idulfitri ini, ia berharap PEPADI dapat semakin kuat dan terus membumikan kesenian wayang kulit di Kota Reog.

“Sukses untuk PEPADI, semoga semakin semangat, guyup-rukun membawa wayang semakin luar biasa. Semakin membumi dan membawa peradaban jauh lebih teduh, jauh lebih agung dan berbudaya,” ungkapnya.

Bagikan