Majelis Sema’an Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek di Rumah Keprabon Kang Bupati

Suasana Rumah Keprabon Kang Bupati Sugiri yang berada di Desa Gelang Kulon Kecamatan Sampung, kali ini, Senin (19/2/24), nampak istimewa. Pasalnya, tempat tersebut menjadi lokasi Majelis Sema’an Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek.

Ratusan warga Ponorogo nampak hadir memenuhi lokasi acara dan menyimak dengan khusyuk sema’an Al-Qur’an sejak pagi. Malam harinya, Dzikrul Ghofilin dipimpin langsung oleh Gus Thuba Topo Broto Maneges, yang merupakan cucu Gus Miek.

Turut hadir pada acara tersebut, Kang Bupati Sugiri Sancoko, Sekretaris Daerah Agus Pramono, Kapolres Ponorogo AKBP Anton Prasetyo, Kepala Kantor Kemenag Nurul Huda serta segenap ulama dan tokoh desa setempat.

Kang Bupati Sugiri dalam sambutannya mengatakan bahwa moelekatan adalah istilah yang sering digunakan Gus Miek untuk sebuah amalan guna mendapat ridha dan keselamatan dunia akhirat dari Allah SWT.

“Moelekatan itu istilah kuno nglakoni lakune malaikat. Malaikat itu selalu berdzikir dalam keadaan puasa,” ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat terus digelar rutin di Ponorogo. Dengan begitu, ia meyakini dapat menambah keimanan dan ketentraman di Kabupaten Ponorogo.

“Mengke keliling ke kecamatan pundi-pundi, besok pas puasa di Balong. Nanti di setiap kecamatan wajib menyelenggarakan. Bayangkan apabila dibaca satu ayat Al-Qur’an, cahayanya padang dan kita akan mendapat rahmat Allah SWT,” tambahnya.

Bagikan