Peduli Lingkungan, Ibu-Ibu Forkopimda Ponorogo Gelar Bakti Sosial Penanaman Pohon di Desa Bajang

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ponorogo menggelar Bakti Sosial Penanaman Pohon serentak di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo, Rabu (7/2/23).

Penanaman pohon itu, diawali di Halaman Balai Desa Bajang yang dilakukan oleh Kang Bupati Sugiri, Penasehat DWP sekaligus Ketua TP-PKK Kab. Ponorogo Susilowati Sugiri dan Ketua DWP Ponorogo Besse Tenri Sampeang serta berbagai organisasi wanita Forkopimda Ponorogo.

Mulai dari TP-PKK, Bhayangkari, Persit Chandra Kirana, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, Dharmayukti Karini, Ikawati ATR/BPN, Pipas Rutan, Dharma Wanita Kemenag dan Dharma Wanita Imigrasi.

Susilowati Sugiri menyebut ada sekitar 1.500 bibit tanaman buah-buahan yang ditanam tersebar di Desa Bajang. Mulai dari tanaman alpukat, mangga, belimbing, nangka, kelengkeng, jambu, dan sebagainya. Bibit itu diberikan kepada setiap RT untuk ditanam di lingkungannya masing-masing.

“Pembagian bibit per-RT untuk memudahkan kita menanamnya, pembuatan lubangnya juga kita serahkan RT masing-masing. Jumlahnya sekitar 1500 bibit. Ada 23 RT jadi setiap RT 60-an bibit,” ungkap Susilowati.

Susilowati menambahkan bahwa menanam pohon sama dengan merawat kehidupan.

“Kita tidak bisa hidup tanpa ada tanaman, karena tanaman itu oksigen, tanaman juga air, jadi kita tidak mungkin terpisahkan dengan tanaman. Insyaallah kalau kita gemar menanam maka kehidupan dan ekosistem semakin baik, hasilnya juga membahagiakan,” tambahnya.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri mengungkapkan apresiasi atas upaya ibu-ibu dalam mencintai lingkungan. Selain merawat kehidupan, kegiatan ini juga dapat memberikan teladan tentang pentingnya menanam pohon kepada generasi muda.

“Hari ini ibu-ibu luar biasa. Mudah-mudahan penanamannya tumbuh dengan baik, tidak sekedar menanam tapi jauh penting kita menanam teladan kepada anak cucu kita kelak. Bahwa nandur itu penting untuk kehidupan,” ujarnya.

Bagikan