Potret Ponorogo 5 Tahun ke Depan: Pariwisata jadi Tumpuan Naikkan Kelas Kota

Bukan tanpa alasan, Pemkab Ponorogo menjadikan sektor pariwisata sebagai ujung tombak menaikkan kelas kota.

Selain berdasarkan kesadaran potensi yang dimiliki, sektor ini paling memungkinkan dibanding sektor lainnya. Selain itu, efek domino yang diciptakan jauh lebih luas dari pada sektor lainnya.

“Multiplier effect pariwisata sangat besar. Jika pariwisata tumbuh, maka UMKM tumbuh, transportasi tumbuh, hotel tumbuh, pertanian tumbuh,” ucap Kang Bupati Sugiri Sancoko bersama anggota DPR RI Ali Mufthi ketika menjadi narasumber talkshow “Potret Ponorogo 5 Tahun ke Depan”, Sabtu (27/4) di Sendang Bulus Pager dan Minggu (28/4) di tempat wisata Desa Jambon.

Dipaparkan Kang Bupati Sugiri Sancoko, tidak dilaluinya Ponorogo oleh jalur utama logistik, berat dipaksakan Bumi Reog menjadi kota industri.

Pun dengan sektor pertanian, meski selama ini menjadi penyokong utama ekonomi, tidak mudah menaikan kelas ekonomi dengan mengandalkan sektor ini.

Mengingat dengan luas total lahan 34 ribu hektar, sebagian besar petani Ponorogo masuk kategori petani gurem (lahannya kurang dari 0,5 hektare).

“Ponorogo itu jauh dari tol, jauh dari bandara, jauh dari jalur lintas selatan, dan tidak cocok menjadi kota industri,” jlentrehnya.

“Sebagian petani kita petani gurem, jadi sulit membuat masyarakat sejahtera jika hanya mengandalkan pertanian,” imbuhnya.

Sektor pariwisata lah yang dinilainya mampu dijadikan jembatan menaikkan kelas kota. Selain alamnya indah, Ponorogo punya Reog yang saat ini dikulik oleh Pemkab Ponorogo.

“Daya Reog luar biasa, itu modal utama Ponorogo. UNESCO sebentar lagi menetapkan Reog menjadi ICH, monumen Reog saat ini juga kita bangun,” paparnya.

“Mengapa di Sampung, karena dekat dengan Sarangan, dekat dengan Tawangmangu. Jadi habit wisata di sana, kita bawa ke sini, itu lebih mudah dari pada membuatnya di wilayah lain,” jelasnya.

Tidak hanya atraksi dan infrastuktur wisata yang dikebut, kesadaran wisata dari semua pelaku wisata terus didorong oleh Pemkab.

“Semua kita dorong untuk berbenah, para pelaku UMKM-nya, pengusaha travel, hotel, masyarakatnya harus sadar wisata, tahu bagaimana menciptakan kenyamanan wisatawan dan ekosistem wisata yang baik,” tekannya.

#ponorogo #ponorogohebat #wisataponorogo #reog #sugirisancoko

Bagikan