Pesan Kang Bupati kepada Warga Binaan Rutan : Tata Hati, Tata Diri, Rancang Masa Depan Lebih Baik

Pesan Kang Bupati kepada Warga Binaan Rutan : Tata Hati, Tata Diri, Rancang Masa Depan Lebih Baik

MENATA hati, menata diri, dan merancang masa depan yang lebih baik ketika kembali ke masyarakat, itulah pesan yang disampaikan Kang Bupati Sugiri Sancoko kepada warga binaan Rutan (Rumah Tahanan) Kelas IIB Ponorogo. Hal ini, tekannya, jauh lebih baik dari pada menyalahkan keadaan.

Pesan ini ia sampaikan kepada 339 warga binaan ketika bersama Wakil Bupati Bunda Lisdyarita dan Ketua TP PKK Ponorogo mengunjungi mereka pada momen Idulfitri 1444 H, Minggu (30/4/2023). Nampak terlihat raut wajah bahagia warga binaan. Bahkan tidak sedikit dari mereka meneteskan air mata haru ketika bersalam-salaman, bercengkrama, dan makan bersama Kang Bupati.

“Mudah-mudahan di dalam diparingi tabah, keluarga di rumah diparingi tabah, keluar dari sini menata masa depan yang jauh lebih baik,” ucap Kang Bupati.

Baca juga :

Kang Bupati memang punya cara tersendiri berbagi kebahagian dengan sesama. Baginya warga binaan rutan, tetaplah warganya, tetaplah saudara-saudaranya. Momen Idulfitri 1444 H ini ia ingin menyapa, bermaaf-maafan, sekaligus memberikan semangat kepada mereka.

Ia memang pernah berjanji akan mengunjungi warga binaan bulan Puasa lalu. Namun karena jadwal kegiatan yang begitu padat, ia baru sempat memenuhi janjinya ketika momen Idulfitri. “Hari ini kita halal bihalal dengan teman-teman yang di dalam. Kami ingin menyapa ingin bersalam-salaman, bermaaf-maafan, karena beliau-beliau keluarga kami juga,” ucapnya.

Sementara itu, Agus Yanto, Kepala Rutan IIB Ponorogo, mengatakan baru pertama kali ini terjadi di Ponorogo, halal bihalal Bupati dan Wakil Bupati dengan warga binaan dan petugas rutan. Ia menyebut ini merupakan pertanda adanya kerja sama yang baik antara Pemkab dan rutan dalam memberikan pembinaan bagi warga binaan.

Di Rutan IIB Ponorogo, ia mengungkapkan, warga binaan dipersiapkan dengan baik sebelum kembali masyarakat. Pembinaan kepribadian dan keterampilan menjadi program utama untuk melakukannya.

“Ini baru pertama kalinya, antara Pemkab dan Rutan semoga semakin terbangun sinergi dalam membangun segala hal untuk warga binaan,” ucap Agus.

Bagikan